02 Maret 2009

Paskah Semakin Dekat (Update PS 592 Syukur KepadaMu, Tuhan)

Pada Pekan Suci tahun ini, Archangeli mendapat tugas Malam Paskah. Salah satu lagu wajibnya Malam Paskah adalah PS 592 Syukur KepadaMu Tuhan, sebuah lagu yang sangat indah dan sangat menggetarkan ketika dinyanyikan sambil memegang lilin saat umat direciki air suci sesudah pembaharuan janji baptis.

Beberapa teman meminta dibuatkan aransemen baru untuk lagu tersebut. Setelah menimang-nimang dan mencoba-coba, akhirnya selesailah aransemen baru tersebut. Karena teman-teman Archangeli senengnya ada variasi di setiap bait, begitupun aransemen kali ini. Ada bagian intro yang baik juga dibawakan acapella. Kemudian bait pertama dinyanyikan sopran dengan suara lainnya sebagai latar. Bait Kedua dinyanyikan tenor dan bas dengan sopran dan alto sebagai latarnya. Bait ketiga selain modulasi naik setengah nada, juga dinyanyikan SATB ditambah suara latar SATB juga, jadi pada bait ketiga ada 8 suara.

Bisa dibilang untuk lagu ini saya berusaha mengembangkan kemampuan untuk mengaransemen lebih dari 4 suara, sekaligus bereksperimen dengan suara latar, dan beginilah hasilnya. Memang terkesan gimanaaaaa gitu di semua bait ada suara latarnya yang cuma uuuu dan aaaa. Tapi setelah dicoba lumayan juga. Jadi kalau ada kekurangan terhadap aransemen ini harap maklum. Namanya juga eksperimen. hahaha

Tadinya teks lagu ini hanya sempat saya buat versi not baloknya, karena agak ribet juga ngetiknya. Lalu saya lempar di facebook kalau ada yang berminat nulis not angkanya. Beberapa teman berminat, dan ada yang duluan jadi, ya seperti ini. Ternyata formatnya mirip dengan yang biasa saya buat. Mirip termasuk penggunaan font untuk judul dan liriknya.

Berikut ini lagu-lagu yang cocok untuk dinyanyikan saat pekan suci dan bisa diunduh di sini :

Selamat berlatih, selamat bertugas, dan selamat menikmati.

11 komentar:

Anonim mengatakan...

comHallo Bapaknya Greg...salam kenal, saya ibunya Aji. Trimakasih banyak ni, saya bersyukur nemu blog anda. Saya sdh download lagu-lagu anda mas. Setuju banget.... lagu Syukur KepadaMu Tuhan mmg indah, salah satu yang saya dan suami sukai.
Paskah ini, wilayah kami mendapat kesempatan melayani Jumat Agung. Kami sedang membahas dan menimbang-nimbang utk menyanyikan "Bunda Yg berduka"(sedang bicara sama romo) dan "lihatlah kayu salib". Kalau crucifixus..hmmmm.. kayanya berat utk koor kami mas..hehehe.
Salut pada anda. tetap semangat mengaransemen dan mencipta lagu ya Mas...
Sekali lagi Terimakasih...Berkah Dalem..
Sun sayang utk Greg yg lucu.
Ibunya Aji

eksmerto mengatakan...

selamat malam ...
saya tertarik dengna blog bapak karena banyak lagu2 paduan.
saya juga bertugas jumat agung paskah tahun ini.
ada satu lagu yang saya temukan di internet tetapi belum selesai versi scorenya..
saya mohon bantuan bapak untuk ikut menyelesaikan lagu ini..
kalau bersedia, nanti saya kirim versi mp3 dan pdf nya
judulnya AT CALVARY
arr MARYMCDONALD

Lukito mengatakan...

salam kenal eksmerto,
boleh saja saya bantu selesaikan, tapi tidak bisa janji selesainya kapan, karena harus liat dulu lagunya. hehehe

eksmerto mengatakan...

sy kirim demonya ke email mn pak?

Lukito mengatakan...

kirim ke dj_logg@yahoo.com aja

maxi mengatakan...

Salam kenal Pak.. saya sangat senang dengan blog ini.. Pak, apakah boleh saya minta SATB ordinarium PS 339,385 dan 406.. atau iringan nya.. karena saya tidak bisa not balok maka iringan di PS yg ada saya tidak bisa.. saya sangat berharap Bapak berkenan untuk mebantu saya.tx

Lukito mengatakan...

Salam kenal juga Pak Maxi,
kalau menurut saya lagu2 gregorian semacam 339, 385 dan 406 lebih baik tidak dinyanyikan SATB. Dengan satu suara asal dinyanyikan dengan baik dan benar sudah terasa indah. Iringannya pun (walau memungkinkan untuk dijadikan SATB) dibuat hanya untuk mengiringi saja dan tidak memainkan peranan penting dalam komposisi.
Kebetulan buku iringannya sudah tidak punya lagi, dulu pernah dipinjam tapi lupa siapa yang meminjam. :D

henriyulianto mengatakan...

Bos.. mau tanya

Untuk part Korman, aku baru lihat sepintas, ternyata berbeda dengan punyaku. Untuk Kyrie, di situ solinya S & A, tp di part punyaku (not balok & not angka tp udah agak ga jelas) solinya S & T.
Gimana nih? Pak Korman bisa dihubungi ga? KorMan = Manusia Kor .. hahaha :D

Thx ya boss.. just curious aja.

Lukito mengatakan...

Wah gak tau deh si Manusia Kor masih hidup apa enggak... hahahaha

Tapi kalo ngeliat di not baloknya yg udah gak jelas itu kayaknya ada tulisan yg kurang lebih artinya "mendingan alto daripada tenor" untuk solinya.

Gitu bos...

Tapi berhubung udah terbiasa solinya tenor, jadi agak aneh juga kalo diambil alto. hahaha

Anonim mengatakan...

mas Onggo...
Kami akhirnya jadi pake Stabat Mater & Lihatlah Kayu Salib arr mas Onggo. Kata orang-orang 'awam' yg denger sih bagus (hehehe kecap nomer 1). Doain lancar ya mas. Romo minta semua lagu dinyanyikan acapela ni..sy agak ngeri, mengingat kebiasaan kami yg suka turun-turun... hehehe.
Tks & GBU
Ibunya Aji

Bernadus mengatakan...

Sugeng siang pak Lukito ...
Saya pak whe, dari Paroki Nandan Yogyakarta (pelatih Koor Vokalfonsia/Koor Paroki Nandan). Tertarik dengan Aransemen lagu-lagu bapak. Terimakasih banyak bahwa saya bisa memperoleh banyaak lagu-lagu Istimewa disini (selain 'Kandang Jago').
Berkaitan dengan salah satu lagu di web ini (judul: "The Greatest Of These Is Love")... seandainya boleh/bapak berkenan, bisakah saya memperoleh score/partitur pianonya pak ?
Namun seandainya itu harus memakai 'lisensi', njiih sampun mungkin kalo sudah diperkenankan saja.
Sebelumnya saya ucapkan terimakasi :)
Berkah dalem ...

-pak whe-

Pengikut