01 Februari 2012

Mengetik Teks Lagu dengan Notasi Angka

Berhubung ada banyak pertanyaan tentang bagaimana mengetik teks notasi angka, saya bagikan caranya.

Teks yang saya ketik selama ini menggunakan MS Word. Ada juga penulis lain yang menggunakan Excel, tapi saya lebih cocok dengan word. Yang jelas, baik dengan Word ataupun Excel menggunakan font khusus (Walaupun ada juga yang tidak pakai font khusus, hanya jadinya lebih ribet). Selama ini saya pakai font notangka2.ttf buatan Joas Adiprasetya yang bisa anda dapatkan di sini. Jenis font lainnya yang penggunaannya mirip adalah buatan Henri Yulianto yang bisa anda dapatkan di sini. Keunggulan font ini adalah bisa membuat titik di atas dan di bawah angka, juga memberi tanda silang untuk kres atau mol.

Selain itu ada juga pengetikan notasi yang sudah dipakai KWI sejak lama, memanfaatkan sistem yang ada di Word tanpa font khusus. Terus terang saya belum menguasainya.

Bila anda ingin mulai belajar, mulailah terlebih dahulu dengan nyanyian unison dulu sebelum beranjak ke homofon atau polifon.

Nah sekarang mulai masuk ke pengetikannya....

Dulu, saya lebih banyak menggunakan spacebar untuk memberi jarak antar not, dan kadang-kadang memakai tabs. Akibatnya ketikan menjadi tidak rapi bila komposisinya kompleks, seperti misalnya nyanyian polifoni. Bila mengetik komposisi homofon (seperti kebanyakan aransemen Puji Syukur), bisa dibuat rapi.

Contoh aransemen sederhana dua suara bisa anda download di sini. Pastikan anda sudah install font notangka2 yang saya pakai. Teks ini sama sekali tidak memakai tabs karena posisi sejajar antara suara satu dan dua. Contoh lain aransemen empat suara, dengan sedikit tabs, karena masih homofon sekali bisa anda download di sini. Satu lagi contoh yang sedikit lebih ribet adalah teks Jiwa Kristus ini, arahkan kursor pada baris terakhir, anda akan melihat beberapa tab di situ untuk meratakan antara suara yang satu dengan yang lainnya.

Kalau anda sudah bisa melihat sedikit keribetannya untuk membuat teks dengan rapi, anda bisa juga lihat contoh teks Crucifixus ini: nyanyian polifoni delapan suara!

Itu cara yang lama, dengan banyak sekali spacebar.......

Beberapa minggu lalu saya ingat pernah mengedit teks lagu kiriman dari KWI (sebenarnya teks lagu yang saya buat yang dikirim balik untuk direvisi hehehe), dan menyadari bahwa cara yang saya pakai di atas itu tidak efektif. Singkat kata, KWI juga memakai tabs namun tidak memakai spacebar kecuali untuk penulisan syair.

Kira-kira begini. Sebelum mulai menginput notasi, dibuat dulu tab-tab stop position. Nantinya jarak nada yang satu ke nada berikutnya tinggal memakai tombol tab (tidak pakai spacebar), dan dijamin rapi. Jarak antar posisi tab stop bisa diatur sesuai teks yang hendak diketik atau berdasar selera. Contoh default sheet dengan tab stop position yang rapi bisa anda download di sini. Contoh terbaru yang sudah menggunakan cara ini adalah teks Oculi Omnium dan Mengasih Maria.

Bagaimana dengan garis-garis birama dan legato? Kalau saya memakai menu shapes yang sudah ada di Word. Hehehe.

Akhir kata, terus terang saja saya agak kesulitan membuat panduan seperti ini yang benar-benar jelas, karena memang susah. Saya bisa seperti ini dalam menulis karena terbiasa, istilahnya learning by doing. Bila anda menemui kesulitan, jangan segan untuk bertanya.



8 komentar:

riostuff mengatakan...

trimakasih pencerahannya pak...maaf saya barusan juga post di artikel yang lalu tentang hal ini karena tadi saya belum sempat buka post yang ini..hehe..

kalau kemaren saya nyoba dengan MS wor juga tapi pakai tabel. ini saya gunakan hanya untuk mengetik lagu dan garis birama saja dan font yang pasti pake font not angka..
setelah jadi di word saya publish pdf baru setelah itu saya layout di corel untuk garis legato dan dinamika..hasil memang lebih rapi baik untuk arr homofon dan polifon cuman mememakan waktu lama...kapan2 saya post contohnya pak...soalnya ada di komp rumah...hehe..

terimakasih sebelumnya...
Berkah Dalem...

Unknown mengatakan...

Terima kasih untuk memakai font not angka tersebut. Senang juga bisa terpakai fontnya.

Unknown mengatakan...

Saya buat partitur not angka dgn excel. untuk notasi tetap saya gunakan font notasi angka2. fasilitas di excel saya pakai untuk garis atas, legato dan tanda titik bawah 2 buah. lebih rapi drpd pakai word.

Branckly Egbert Picanussa BLOG mengatakan...

Luangkanlah waktu untuk menonton Video menulis notasi angka dengan sangat mudah dengan menggunakan FITEMBEP di https://www.youtube.com/watch?v=pyHguTEzkMw

Ikhwan Kholidi mengatakan...

@Branckly Egbert Picanussa: dimana bisa download software FITEMBEP nya? sy sudah nonton videonya,,

Recca mengatakan...

via android visa gk ya??

Branckly Egbert Picanussa BLOG mengatakan...

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10209018695742224&id=1762231587

Branckly Egbert Picanussa BLOG mengatakan...

Untuk saat ini belum.

Jika berminat untuk hal tersebut, saya ada info:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10209018695742224&id=1762231587

Pengikut