07 September 2010

Menyambut Bulan Rosario

Buat yang udah bosen dengan Ave Maria-nya Schubert, Bach-Gounod, Caccini, atau Nderek Dewi Mariyah... hehehe ini saya ada 2 lagu:
  1. Ya Namamu Maria (download di sini); lagu Madah Bakti yang saya aransemen ulang dengan sedikit variasi dan modulasi dari nada dasar G ke C. Kalau kesulitan dengan modulasi bisa dihilangkan modulasinya dan dari awal sampai akhir nyanyi di nada dasar G atau A. Bait 1 saya buat cantus firmus di sopran bersama alto dengan background suara tenor dan bas, bait 2 sebaliknya, baru bait 3 dinyanyikan empat suara. Kalau dirasa terlalu sulit, bisa dipermudah dengan cara bait 1 dinyanyikan sopran alto saja, bait 2 tenor bas saja, dan bait 3 empat suara.
  2. Ave Maria (download di sini); lagu ini cukup sederhana karena komposisinya yg homofon. Hanya ada sedikit not miring yang rasanya tidak terlalu menyulitkan. Lagu ini tercipta setelah melihat daftar lagu tugas kawinan beberapa bulan ke depan dimana semuanya menyanyikan Ave Maria ciptaan Schubert (wakakaka), kesannya tidak ada pilihan lain.
Kedua lagu ini saya aransemen, khususnya untuk koor-koor lingkungan yang kemampuannya terbatas. Belum lama saya menyadari bahwa koor-koor lingkungan juga ingin menyanyikan lagu-lagu baru yang 'aman', tidak comot dari gereja sebelah, dan terasa 'sangat katolik'. Semoga kedua lagu ini bisa memenuhi keinginan tersebut.

Selain itu juga cocok untuk koor-koor yang kualitasnya lebih baik, namun sedang gemar-gemarnya menyanyikan lagu-lagu sederhana, yang jika dinyanyikan dengan benar menjadi terdengar luar biasa.

Tidak ada komentar:

Pengikut